Sistem PAKEM, peserta didik tidak boleh dijadikan Obyek,
laksana sebuah GELAS KOSONG DIISI AIR.
laksana sebuah GELAS KOSONG DIISI AIR.
Jadikan siswa sebagai subyek,
laksana PETANI YANG MERAWAT TANAMAN;
Artinya seorang pendidik JANGAN menganggap siswa sebagai benda mati
kosong dan perlu diisi sesuatu. Pendidik harus mampu mengembangkan
POTENSI SISWA melalui Pembelajaran yang Aktif, Kreatif, Efektif
dan Menyenangkan. (belajar sambil bermain)
PROSES PEMBELAJARAN
DISKUSI KELAS
merupakan lanjutan dari diskusi antar kelompok 'tuk memecahkan suatu masalah
BELAJAR SECARA INDIVIDU
Dalam menyelesaikan tes-tes tertulis
Dalam menyelesaikan tes-tes tertulis
Setiap akhir Bahasan/akhir Semester
TUTOR SEBAYA
Belajar dengan sesama teman
lebih mengasikkan.
Satu siswa yang mampu memiliki
kemampuan lebih, membantu
temannya yang masih
kurang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar